Sabtu, 23 April 2011

KUDA SALAH SATU ICON BIMA

KUDA SALAH SATU ICON BIMA


Kuda diupayakan menjadi salah satu icon bima, dan untuk mewujudkan hal tersebut selain lomba pacuan kuda yang sudah menjadi agenda rutin kota maupun kabupaten bima tentunya  perlu dilakukan terobosan – terobosan ,salah satunya  adalah Pawai Ataupun Parade Kuda ,Pameran Atau Bursa Kuda , Seminar Tentang Kuda Serta Kuliner Kuda.

Promosi tersebut selain menjadikan kuda sebagai icon bagi kedua daerah( kota / kab. Bima )dalam rangka Pelestarian  Nilai Budaya Dan Tradisi  Juga Merupakan Upaya Untuk Mensukseskan Visit Lombok – Sumbawa 2012, karena untuk mewujudkan  program tersebut harus memanfaatkan segala potensi yang ada sehingga pada akhirnya akan saling mendudkung , kita diharapkan tidak hanya mengandalkan keindahan  kawasan wisata.
Demikian salah satu point penting yang dibahas dalam rapat yang dilaksanakan di Cafe Pandaan Yang Dihadiri Oleh Kadis Pariwisata Prop NTB,Plt. Sekda kota bima,kadis pariwisata kota dan kab. Bima beberapa dinas terkait seperti Dinas Pertanian Dan Peternakan serta Pordasi Kota dan kab. Bima, rabu 25 agustus 2010.
Pada tahun 2010 ini banyak agenda kegiatan yang akan dilaksanakan baik di pulau Lombok Maupun Pulau Sumbawa. Untuk pulau Lombok akan ada kegiatan kreasi Gendang Blek, Sumbawa Kerapan Kerbau, Dompu Festival La Key serta Kota dan Kab.Bima akan ada perhelatan festival Kuda Bima semuanya itu bertujuan untuk memperkenalkan potensi lokal yang selain sangat diminati oleh masyarakat daerah  tersebut juga diharapkan dapat mengundang kehadiran wisatawan baik domestik maupun wisatawan dari manca negara, jelas Kabag Humaspro Lalu Sukarsana,S.Ip Dalam Press Releasenya.
Sebagai bentuk komitmen pemerintah Provinsi NTB. Dalam melibatkan seluruh daerah yang ada di wilayah ntb. Kedepan perhelatan baik yang berskala nasional bahkan kalaupun ada yang internasional kegiatan tersebut akan diupayakan untuk didistribusikan ke daerah – daerah sehingga tidak nampak monopoli pihak provinsi dalam setiap event yang dilaksanakan, hal dimaksud untuk memotivasi daerah – daerah dalam mempromosikan potensi yang ada, bahkan nantinya kita akan upaya hadirkan media cetak maupun elektronik baik lokal maupun nasional sehingga kegiatan ini memiliki gaung sehingga dikenal secara luas, semuanya itu mebutuhkan koordinasi antara pihak dinas  pariwisata provinsi dengan dinas pariwisata kota/ Kab. Bima. Untuk Bima, misalnya dengan adanya kegiatan festival kuda diharapkan kepada siapapun yang ikut menyaksikan  akan menimbulkan decak kagum serta ingat akan bima serta kudanya, “ Ingat Kuda ingat bima, Ingat Bima Ingat Kuda” sehingga kuda dengan segala keunggulannya menjadi  Icon Bima dikenal dalam benak setiap orang yang pernah menapakkan kakinya dibima, demikian juga halnya dengan potensi Daerah lainnya yang ada Diwilayah NTB diharapkan mampu melahirkan kesan yang sulit dilupakan bagi siapapun yang menyaksikan, jika hal ini mampu kita wujudkan insyaallah program Visit Lombok – Sumbawa 2012 akan dapat kita wujudkan, jelas Lalu Sukarsana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar