Sabtu, 23 April 2011

INGAT KUDA INGAT BIMA


“ Ingat kuda ingat bima, Ingat Bima Ingat Kuda”  itulah harapan yang ingin  diwujudkan dalam kegiatan festival kuda yang akan dilaksanakan dikota/ kabupaten Bima bulan desember 2010 mendatang demikian disampaikan kabag Humaspro Lalu Sukarsana, S.Ip di ruang kerjanya.
Dalam festival tersebut, Kota Bima akan menyelenggarakan parade atau pawai kuda, bursa dan pameran kuda, kuliner kuda dan seminar tentang kuda sementara Kabupaten Bima akan menyelenggarakan pacuan kuda.

Untuk parade  atau pawai kuda  rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2010 jam 09.00 sampai jam 11.00 wita yang akan dikuti sekitar kurang lebih 500 kuda Hias Beserta Joki dan penuntun, dengan Rute Jalan Soekarno – Hatta menuju Istana Bima dengan menampilkan pasukan berkuda Kesultanan Bima. Kegiatan tersebut akan dibuka oleh gubernur ntb dan insyaallah akan menghadirkan pasukan kaveleri, artis pordasi larasati. Sore harinya pukul 16.00 sampai pukul 22.00 wita akan dilaksanakan pameran dan Pasar Rakyat dialun – alun istana bima dengan menampilkan industri kerajinan rakyat aksesoris kuda,cindramata serba prototipe kuda, kuliner bahan dasar kuda, lomba dan pameran foto tentang kuda serta lomba melukis kuda yang diikuti oleh pelajar/ siswa.
Sementara untuk seminar tentang kuda akan dilaksanakan di Istana Bima pada hari dan tanggal yang sama yakni 4 desember 2010 pukul 11.00 wita dengan materi 1.Potensi Dan Prospek Ekonomi Beternak Kuda ( pemateri dari fak. Peternakan Unram dan Kadis Nakkeswan PROV. NTB ), 2. Berkuda dalam Perspektif Budaya ( Budayawan Bima Dan Ahli Turangga Kraton Jogjakarta/ Solo ),3. Kuda Sebagai Status Dan Hoby ( dengan pemateri bapak Prabowo Subiyanto serta dr. Diana ahli Susu Kuda.
Untuk pacuan kuda akan dilaksanakan di lapangan pacuan kuda panda kabupaten Bima  dengan peserta diharapkan sekitar 700an  ekor kuda se pulau sumbawa, sementara untuk biaya diperkirakan berkisar 1 miliar bersumber dari Dana Sharing Provinsi NTB Rp.200 Juta, KOTA/ KAB. BIMA RP.200 JUTA, Sponsorship Rp.450 Juta Serta Sumber Lain Rp.150 Juta.
Kegiatan ini dilatar belakangi oleh komitmen pemerintah Provinsi NTB dalam menyukseskan Visit Lombok Sumbawa 2012 dengan mendistribusikan  berbagai event ke tiap daerah, memperkenalkan Potensi Bima, kuda sebagai icon bima serta pelestarian nilai budaya dan tradisi, ungkap Lalu Sukarsana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar